WHAT'S NEW?
Loading...

5 Tips Cerdas Menghemat Biaya Perawatan Mobil

Menghemat biaya perawatan kendaraan beroda empat semoga kantong tidak tekor

Bagi sebagian orang memiliki kendaraan beroda empat merupakan impian, banyak orang berusaha menabung dan mengajukan kredit semoga dapat memiliki mobil.

Namun harus diingat setelah kendaraan beroda empat dimiliki peran selanjutnya ialah melaksanakan perawatan kendaraan beroda empat yang baik dan benar semoga kendaraan beroda empat tidak menimbulkan problem ketika digunakan dan dapat bertahan lama.

Biaya perawatan kendaraan beroda empat bisa dibilang tidak murah, oleh alasannya itu ada beberapa tips yang anda dapat lakukan untuk menghemat biaya perawatan kendaraan beroda empat anda


5 Tips Cerdas Menghemat Biaya Perawatan Mobil
5 Tips Cerdas Menghemat Biaya Perawatan Mobil


1. Manfaatkan jaminan warranty kendaraan secara maksimal.

 Semua pabrikan otomotif menyampaikan jaminan warranty kendaraan beroda empat yang dijual kepada masyarakat yang waktunya biasanya selama 3 tahun atau 100.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu ).

Jaminan warranty ini menyampaikan jaminan perbaikan secara gratis untuk kerusakan komponen yang diakibatkan gagal produksi (kecuali komponen-komponen yang memang habis dipakai ibarat brake pad, wiper blade dll ).

Baca dan pahami jaminan warranty kendaraan beroda empat anda, sehingga jikalau terdapat kerusakan komponen yang tidak wajar dan ditanggung oleh warranty maka anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk perbaikannya .

Beberapa pabrikan kendaraan beroda empat bahkan ada yang berani memberi jaminan warranty selama 5 tahun, dan ada  beberapa komponen di sistem kendaraan yang jaminan warrantynya berlaku lifetime.
Makara periksa warranty kendaraan beroda empat anda untuk melihat kemungkinan anda mendapat perbaikan gratis.


2. Melakukan perbaikan di bengkel umum jikalau kendaraan beroda empat sudah lepas dari masa warranty

Dengan sumber daya yang dimiliki dan sumbangan dari pabrikan, bengkel resmi menunjukkan pelayanan perbaikan yang prima, namun tentu saja hal itu akan diikuti dengan harga yang cukup mahal.

Ongkos kerja dan harga sparepart di bengkel resmi pastinya lebih tinggi dibandingkan dengan ongkos kerja di bengkel umum yang memperbolehkan menggunakan spare part aftermarket.

Bengkel umum banyak yang bisa menyampaikan perbaikan dengan kwalitas  yang sama dengan bengkel resmi dengan harga yang lebih murah.

Namun pastikan bahwa bengkel umum tersebut bekerja secara professional dan memiliki montir-montir handal dan menggunakan peralatan bengkel yang menunjang.

Dengan melaksanakan perbaikan di bengkel umum pemilihan spare part yang digunakan juga lebih fleksibel, bisa menggunakan spare part OEM, namun bisa juga menggunakan spare part after market yang harganya jauh lebih murah dengan kwalitas yang tidak kalah dengan spare part OEM.


3. Melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan beroda empat yang bisa dilakukan sendiri. 

Banyak pekerjaan perawatan dan perbaikan kendaraan beroda empat sederhana yang dapat dilakukan sendiri. Seperti mengganti busi, filter udara, fan belt, selang radiator, kanvas rem dll.

Namun beberapa pekerjaan memerlukan peralatan khusus dan memerlukan analisa yang akurat pada kerusakan kendaraan beroda empat sebelum melaksanakan  penggantian komponen.

Jangan memperbaiki kerusakan kendaraan beroda empat dengan cara menggonta -ganti komponen yang dianggap merupakan penyebab kerusakan, metode ini justru akan menimbulkan pemborosan biaya dan waktu.


4.Jangan memperbaiki kendaraan beroda empat sendiri jikalau tidak mampu

Mencoba memperbaiki kerusakan kendaraan beroda empat yang diluar kemampuan dapat menyebabkan pemborosan yang lebih besar dibandingkan dengan membawa kendaraan beroda empat untuk diperbaiki oleh bengkel yang kompeten.

Memang semua orang pasti ingin menghemat pengeluaran perbaikan mobil, namun jikalau anda tidak yakin apa yang akan anda lakukan dan tidak memiliki peralatan yang memadai maka lebih baik membawa kendaraan beroda empat ke bengkel atau anda dapat menghubungi di nomor 08131- 6699-232 yang menyampaikan pelayanan Home Service untuk wilayah Jabotabek.

Baca Juga : Tips Agar Mobil Lebih Awet dan Harga Jual Tinggi

5. Segera jual kendaraan beroda empat jikalau sudah mulai merongrong.

Hal ini merupakan tips yang paling penting. Seberapapun anda sangat menyayangi kendaraan beroda empat anda, namun satu hal yang pasti kendaraan beroda empat bau tanah  membutuhkan biaya perbaikan yang sangat mahal semoga dapat bertahan.

Setelah kendaraan beroda empat mencapai jarak dan waktu tempuh yang cukup jauh maka akan banyak komponen yang mulai aus dan rusak. Salah satu cara untuk menghemat biaya  perawatan kendaraan beroda empat ialah dengan menjual kendaraan beroda empat bau tanah anda sebelum mencapai titik dimana banyak komponen-komponen mahal yang rusak.

Perbaikan – perbaikan besar ibarat mesin dan transmisi dapat menimbulkan biaya yang besar.

Melakukan penggantian oli, filter dan komponen lain secara terencana dapat memperpanjang umur mesin mobil.
Namun sebaik apapun perawatan yang dilakukan seiring waktu banyak episode kendaraan beroda empat yang akan mulai rusak antara lain baterai, alternator, water pump, fuel pump, control module dll.

Beberapa komponen tersebut sangat mahal harganya, sebut saja harga sebuah control module dapat mencapai belasan bahkan puluhan juta rupiah.

Jadi kapan ketika yang sempurna untuk menjual kendaraan beroda empat anda..? 

Disarankan untuk menjual kendaraan beroda empat anda ketika odometer sudah menunjukkan angka diatas 100.000 - 150.000 Km atau jikalau  umur kendaraan beroda empat sudah mencapai 5-8 tahun. Mungkin ketika itu  mobil belum terlalu merongrong, namun percayalah seiring dengan panjangnya KM dan waktu tempuh mobil, hal itu tidak akan berlangsung terus.

0 komentar:

Posting Komentar