WHAT'S NEW?
Loading...

Diagnosa Kerusakan ECU Bagian 1: Melakukan Pemeriksaan Komponen ECU Secara Visual

Prosedur Pemeriksaan Kerusakan ECU secara Visual

Agar dapat menganalisa dan memperbaiki kerusakan  pada sistem kelistrikan mobil, maka kita harus mempunyai pemahaman ihwal kelistrikan dasar yang baik.

Saat ada problem pada sistem kelistrikan ada beberapa pemeriksaan dasar yang biasanya dilakukan, ibarat pemeriksaan kondisi baterai, sistem starter dan sistem pengisian dll.
Kadangkala dilakukan menunjukkan power aksesori dengan menjumper baterai atau menunjukkan ground aksesori untuk mengatasi problem kelistrikan tersebut.

Kita melaksanakan reprogram computer atau mengganti PROM ecu, memeriksa service bulletin untuk mencari kemungkinan penyebab dari kerusakan yang berafiliasi dengan problem kita. Atau bahkan kita membuat kabel gres secara pribadi dari selenoid atau sensor pribadi ke computer, tetapi problem tersebut tetap ada dan DTC kerusakan tetap keluar atau kendaraan berjalan dalam fail safe mode.


Setelah serangkaian pemeriksaan tadi, kecurigaan mulai mengarah pada computer atau ECU, harga  penggantian komputer kendaraan beroda empat  bisa sangat mahal, terlebih untuk kendaraan beroda empat - kendaraan beroda empat keluaran lama selain harganya yang tinggi ketersediaan barangnya juga terkadang sangat langka.

Electronic control unit atau seing disingkat dengan ECU mempunyai bermacam – macam nama atau sebutan, ibarat : Powertrain Control Module( PCM ), Engine Control Module ( ECM ), Transmission Control Module ( TCM ) dan banyak lagi daftar nama Komputer yang digunakan pada mobil

Namun semuanya mempunyai prinsip yang sama yakni sistem kontrol secara komputerisasi yang membutuhkan informasi input dari sensor , kemudian melaksanakan analisa dan selanjutnya menunjukkan sinyal output berdasarkan jadwal yang ada pada komputer tersebut.


Baca Juga : Diagnosa kerusakan ECU Bag 2 : Alat test, Prosedur test dan Identifikasi Komponen



Kita akan memulai pemeriksaan kerusakan ECU dengan melaksanakan pemeriksaan secara visual, dan kemudian dilanjutkan pada pemeriksaan ECU lebih dalam lagi.
Pemeriksaan dasar secara visual akan membantu kita mengidentifikasi kerusakan pada episode dalam ECU, yang dapat membantu memutuskan apakah ECU tersebut benar – benar rusak atau sekedar fault.

Listrik statis

Hati-hati terhadap ancaman listrik statis yang dapat merusak komponen ECU ketika melaksanakan proses perbaikan yang tidak sesuai prosedur.

Hindari untuk menyentuh terminal-terminal ECU secara pribadi dengan tangan, karena akan dapat menghasilkan fenomena listrik statis yang tidak dapat kita rasakan dan akan menjadikan kerusakan ECU.

Lakukanlah pekerjaan pemeriksaan, pembongkaran dan perbaikan ECU pada meja kerja dengan bantalan anti listrik statis dan menggunakan gelang anti listrik statis (Wrist strap).

Pemeriksaan dasar secara visual :

Pemeriksaan episode dalam ECU

Sebelum membongkar ECU, terlebih dahulu goyang – goyangkan ECU dengan perlahan sambil coba dengarkan apakah terdengar bunyi berisik didalam ECU yang mengindikasikan ada komponen didalam ECU yang longgar atau lepas.

Kemudian lepaskan cover ECU, kebanyakan cover ECU dikunci dengan menggunakan sekrup atau baut, beberapa ECU dikunci dengan plat cover ECU yang dibengkokkan sehingga harus diluruskan terlebih dahulu semoga ECU dapat terbuka.

Sangat dianjurkan semoga kita mempunyai beling pembesar dan senter dengan cahaya yang baik semoga dapat melaksanakan pemeriksaan episode dalam ECU dengan teliti.


Saat cover ECU sudah terbuka, perhatikan komponen episode dalam ECU dari tanda – tanda munculnya karat ( tampak deposit berwarna kehijauan atau putih ).

Perhatikan konektor terminal ECU dengan teliti pada kedua sisi yakni pada episode yang tehubung ke wiring harness mesin dan episode yang disolder ke PCB.

Perhatikan solderan timah yang menghubungkan pin konektor ke PCB.

Gambar 1 dan Gambar1a  memperlihatkan transmission control unit Mitsubhisi dimana pada konektornya terdapat korosi berwarna hijau pada area solderan dan pada terminal konektor yang mengindikasikan ECU terkena air.






service  ECU
Gambar 1a


Beberapa tipe ECU, khususnya yang digunakan merk-merk kendaraan beroda empat keluaran terakhir, mengunakan PCB yang ditutupi oleh liquid resin molded pada ketika perakitan.

Untuk  ECU tipe ini akan sulit untuk melaksanakan metode pemeriksaan dengan cara menggoyangkan ECU dan melaksanakan pemeriksaan secara visual. 

Pemeriksaan yang dapat dilakukan hanya dengan mencium harness connector dan memeriksa secara visual terminal dari kemungkinan korosi, terbakar atau overheat.

Kerusakan komponen karena panas

Jika tercium anyir terbakar yang sangat tajam kemungkinan besar ada komponen episode dalam ECU yang terbakar atau overheat. Periksa terminal harness connector dari tanda – tanda overheat atau terbakar. 

Hal ini dapat diakibatkan panas yang timbul akhir koneksi terminal konektor yang longgar, atau circuit ECU dialiri arus listrik yang terlalu besar. Periksa komponen yang terdapat pada PCB dengan teliti.


Jika terlihat  komponen yang  bekas terbakar, pecah, terkelupas , menghitam atau putih keabu – abuan kemungkinan komponen tersebut telah mengalami over heat.

Jika ada kecurigaan komponen tertentu mendapat panas yang berlebihan, coba periksa PCB sekitar terminal konektor apakah memperlihatkan tanda – tanda mengalami overheat. 

Periksa juga episode belakang PCB disekitar titik penyolderan, kalau pada episode itu PCB terlihat berwarna coklat, hitam atau timah solderan atau jalur PCB meleleh kemungkinan komponen mengalami overheat atau rusak.

Gambar 2 menunjukkan resistor yang overheat pada transmission control module honda accord. Kerusakan ini biasanya juga diikuti kebocoran elco yang terjadi pada waktu hampir bersamaan.

service  ECU
Gambar 2 Resistor terbakar



Gambar 3 memperlihatkan transmission control unit Mazda dengan solenoid driver transistor yang terbakar. Bagian belakang dari PCB juga terlihat menghitam akhir terbakar. 

Beberapa jenis transistor dan komponen biasanya ditempelkan ke komponen pelepas panas dengan menggunakan klip atau dibaut, sehingga kita perlu melepas komponen tersebut dari heat sink ( pelepas panas ) semoga dapat melaksanakan pemeriksaan pada seluruh episode komponen.


service  ECU
Gambar 3 Transistor terbakar




Gejala overheat pada beberapa komponen kadang tidak nampak secara jelas, tampilan luar komponen tampak biasa saja, namun pemeriksaan secara teliti pada PCB tempat komponen disolder terlihat tanda – tanda overheat, ibarat terlihat pada damper clutch solenoid pada transmission control unit mitsubishi ( Gambar 4 ).

service  ECU
Gambar 4


service  ECU
Jalur PCB terbakar




Transistor telah mengalami short circuit sehingga solenoid dialiri arus listrik terus menerus. Ini merupakan jenis kerusakan yang sering terjadi pada transmission controller Mitsubishi KM, karena sistem ini menggunakan damper clutch solenoid dengan tahanan 3 ohm, sedangkan transmission controler didesain untuk solenoid dengan tahanan 13 ohm. 

Integrated Circuit atau sering disebut dengan “Chip” merupakan komponen berbentuk persegi panjang dari plastik dan biasanya mempunyai pin terminal atau kaki konektor yang banyak.

Gambar 5 memperlihatkan integrated circuit pada PCB. Periksa hal – hal berikut dengan teliti : jika terlihat retakan, tonjolan atau lubang pada IC itu merupakan tanda – tanda kerusakan IC.


service  ECU
Gambar 5



Jalur sirkuit pada PCB dapat mengalami over heat kalau dialiri arus listrik yang terlalu besar. Jalur sirkuit pada PCB berupa kertas tembaga yang dilekatkan pada permukaan PCB yang terbuat dari fiberglass.


Baca Juga : Diagnosa kerusakan ECU Bag 2 : Alat test, Prosedur test dan Identifikasi Komponen


Gambar 6 memperlihatan jalur sirkuit di PCB yang terbakar dan terangkat pada engine control unit Lucas/Bosch L-Jetronic yang digunakan Rover.

service  ECU
Gambar 6 Jalur PCB terkelupas

ECU yang digunakan pada otomotif  biasanya banyak yang mempunyai lapisan plastik tipis yang tembus pandang dan diaplikasikan pada PCB dan seluruh komponennya. 

Pada beberapa area lapisan tipis ini berwarna agak gelap dan biasanya terdapat gelembung didalamnya. Pada ketika memeriksa sirkuit PCB dan komponen perhatikan juga episode tersebut.

Kebocoran kapasitor

Gambar 7 memperlihatkan electrolytic capacitor, komponen ini dapat diidentifikasi dengan mudah dari permukaan alumunium pada episode atasnya. 

Elco berisi electrolit  yang bersifat korosif, seal yang terdapat pada episode dalam komponen ini dapat rusak dan menyebabkan kebocoran elektrolit dan mengenai PCB.
Perhatikan dengan teliti kondisi PCB disekitar komponen Elco.

service  ECU
Gambar 7 Electrolit Condensor






Gambar 8 memperlihatkan korosi dan kotoran pada PCB di area sekitar kebocoran Elco.
Kerusakan ini merupakan kerusakan yang umum terjadi pada control unit transmission honda accord tahun 1990 -1994, begitu juga pada mitsubishi.

Diagnosa Kerusakan ECU Bagian 1: Melakukan Pemeriksaan Komponen ECU Secara
Gambar 8
Kebocoran Elco


Kerusakan pada titik solder

Kerusakan pada titik solder kadang dapat terjadi pada lokasi penyolderan kaki komponen pada PCB. Kerusakan berupa keretakan yang sangat kecil ini dapat sangat sulit untu dilihat, untuk dapat memeriksa keretakan pada titik solder dapat dengan menggunakan derma beling pembesar dan menggunakan senter yang terang. 

Keretakan dapat terlihat ibarat bulat pada solderan disekitar kaki komponen. Gambar 9 merupakan pemeriksaan menggunakan beling pembesar yang memperlihatkan kerusakan titik solder yang terlihat melingkar.


service  ECU
Gambar 9 Titik solder komponen retak



Walaupun kerusakan ini sulit ditemukan, namun ini jenis kerusakan yang sangat mudah untuk diperbaiki kalau anda mempunyai kemampuan menyolder komponen dengan baik.

Hati – hati ketika menyingkirkan lapisan plastik tipis dari titik solder di PCB , panaskan titik solder dengan menggunakan mata solder yag runcing, dan cairkan sedikit timah solder pada titik solder. 

Walaupun kita tidak yakin terjadi retakan pada titik solder, akan sangat memiliki kegunaan kalau kita melaksanakan penyolderan ulang pada titik solder.

Kerusakan pada PCB

Lakukan pemeriksaan dengan teliti pada PCB dari kemungkinan adanya retakan khususnya pada area mounting screw, clip, dan pada area dengan komponen yang besar dan berat.

Daerah – kawasan tersebut merupakan titik paling sering terjadi kerusakan berupa retakan, khususnya kalau kendaraan beroda empat pernah mengalami kecelakaan atau kendaraan berjalan pada jalan yang rusak. 

Jika terlihat retakan , khususnya pada area jalur sirkuit pada PCB itu merupakan bukti yang cukup terang telah terjadi kerusakan pada ECU.

Komponen yang hilang ( sebetulnya tidak hilang, hanya pada tipe ECU tertentu memang tidak dipasang )

Kadang kita akan melihat tempat kosong pada PCB yang mempunyai tanda untuk pemasangan komponen. Pada baian itu terdapat jalur sirkuit, titik solder dll, kecuali komponennya sendiri yang tidak dipasang. 
Hal ini disebabkan karena memang komponen ini tidak diperlukan untuk aplikasi tertentu. 

Gambar 10 memperlihatkan transmission control unit honda dengan areal kosong pada PCB.


service  ECU
Gambar 10



Baca Juga : Diagnosa kerusakan ECU Bag 2 : Alat test, Prosedur test dan Identifikasi Komponen



# Keep In Learning Because Car Never Stop Rolling...

1 komentar: Leave Your Comments