WHAT'S NEW?
Loading...

Gunakan Bensin Dengan Angka Oktan Yang Sesuai

Memilih Angka Oktan Bensin Yang Sesuai 

Angka Oktan yaitu angka yang menyampaikan tingkat ketahanan materi bakar terhadap knocking.
Kandungan materi kimia yang terkandung di dalam bensin akan menentukan karakteristik proses pembakaran materi bakar tersebut.(Pada suhu dan tekanan berapa materi bakar mulai terbakar dan seberapa cepat proses pembakaran terjadi).


Bensin dengan angka oktan yang lebih tinggi lebih tahan terhadap suhu dan tekanan yang lebih tinggi, dan proses pembakarannya lebih lambat dibandingkan bensin dengan angka oktan rendah.

oktan bensin
Nilai Oktan Bensin

Berapa Tingkat angka oktan yang diharapkan kendaraan beroda empat anda..?

Penggunaan angka Oktan materi bakar yang sesuai dengan jenis mesin dapat mencegah terjadinya knocking. Pada mesin konvensional dengan kompresi rendah dapat menggunakan bensin dengan angka oktan 87.
Namun mesin-mesin yang berkompresi tinggi dan dilengkapi dengan perangkat turbo charger atau super charger memerlukan bensin kwalitas baik dengan angka oktan 91 atau 93.


Hubungan angka oktan materi bakar dengan knocking.

Knocking atau sering disebut dengan istilah ngelitik dapat terjadi pada mesin bila angka oktan materi bakar yang digunakan lebih rendah dari seharusnya, sehingga materi bakar tidak tahan terhadap suhu dan tekanan yang tinggi.

Knocking juga akan lebih mudah terjadi dikala beban mesin berat atau dikala akselerasi. Saat terjadi knocking akan terdengar bunyi ketukan menyerupai logam beradu.
Saat piston bergerak keatas melaksanakan langkah kompresi tekanan dan suhu ruang bakar sangat tinggi, bila mesin menggunakan materi bakar dengan angka oktan yang lebih rendah dari seharusnya maka materi bakar akan mulai terbakar dengan sendirinya  sebelum busi memercikkan bunga api.

Pembakaran dan ledakan maksimal terjadi dikala piston sedang bergerak keatas menyelesaikan langkah kompresi, gerakan piston yang terhalang gelombang ledakan pembakaran ini membuat piston bergerak kesamping bersentuhan dengan dinding silinder dan menghasilkan bunyi knocking.
Jika hal ini berlangsung secara terus menerus dalam waktu yang lama dapat menjadikan kerusakan pada komponen mesin menyerupai piston dan dinding silinder.

Selain faktor angka Oktan materi bakar yang terlalu rendah, ada beberapa hal lain yang dapat menjadikan terjadinya knocking menyerupai kerusakan pada sistem EGR, ruang bakar yang terlalu banyak timbunan karbon sehingga membuat perbandingan kompresi menjadi lebih tinggi, campuran materi bakar dan udara yang terlalu kurus sebab Injektor yang kotor, atau mesin mengalami overheat.


Mesin-mesin keluaran terbaru kebanyakan sudah dilengkapi dengan knock sensor untuk mendeteksi getaran pada mesin akhir knocking.
Saat knock sensor mendeteksi terjadi knocking maka akan segera mengirimkan sinyal ke ECM untuk memundurkan timing pengapian.
Hal ini akan mencegah terjadinya knocking pada mesin namun hal ini juga akan menurunkan tenaga mesin dan materi bakar menjadi lebih boros.


Tingkat angka oktan materi bakar.

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya knocking yaitu dengan menggunakan materi bakar dengan angka oktan yang lebih tinggi.
Angka oktan bensin diukur berdasarkan ketahanannya terhadap knocking, semakin tinggi angka oktan maka ketahanan materi bakar terhadap knocking semakin bagus.
Angka oktan bensin tergantung pada campuran antara hydrocarbon dan kandungan lain yang ditambahkan kedalam materi bakar tersebut.
Tetraethyl lead  merupakan materi pemanis yang sudah lama diberikan untuk meningkatkan angka oktan bensin. Bahan ini merupakan materi yang sangat efektif  dan harganya cukup murah untuk meningkatkan  angka oktan. Namun materi bakar dengan timbal (lead) tidak dapat digunakan pada kendaraan yang menggunakan Catalytic Conventer sebab sifat timbal dapat  merusak materi katalis pada Catalytic Conventer.


Angka oktan bensin tanpa timbal yang sekarang banyak digunakan berada pada angka 87, dimana angka tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mesin dengan rasio kompresi 9-10 : 1. Mesin dengan perbandingan kompresi lebih tinggi atau mesin yang sudah dilengkapi dengan turbo charger dan supercharger membutuhkan angka oktan yang lebih tinggi ( angka oktan 91).

Perhatian :
Ikutilah petunjuk penggunaan angka oktan bensin yang dianjurkan pada buku manual. Jika kendaraan beroda empat anda mewajibkan menggunakan bensin dengan angka oktan 91 atau yang lebih tinggi maka gunakan angka oktan tersebut.

Apa yang terjadi bila menggunakan bensin dengan angka oktan yang lebih rendah dari seharusnya..?

Mobil-mobil teknologi terkini yang sudah menggunakan knock sensor.
Knock sensor akan mendeteksi terjadinya knocking ketika akselerasi  atau dikala mesin bekerja  dengan beban berat, dan  mengirimkan sinyal ke ECU untuk memundurkan timing pengapian. Hal ini akan mencegah terjadinya knocking yang dapat merusak mesin namun akan mengurangi tenaga mesin dan meningkatkan konsumsi materi bakar.

Namun bila anda terpaksa menggunakan materi bakar dengan angka oktan yang lebih rendah dari seharusnya sebab banyak sekali alasan, menyerupai anda berada didaerah yang tidak menjual materi bakar oktan tinggi    maka jangan melaksanakan akselerasi secara mendadak atau membuat mesin bekerja dengan beban yang berat.

Anda juga mampu menambahkan produk penambah angka oktan kedalam tangki materi bakar.
Octane booster mengandung beberapa zat additive menyerupai mbte, alkohol dll yang dapat meningkatkan angka oktan bensin beberapa tingkat tergantung kandungan materi yang digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar