WHAT'S NEW?
Loading...

Mengenali Dan Mengatasi Berbagai Macam Bau Di Dalam Mobil

Bau yang muncul pada kendaraan beroda empat bisa menjadi petunjuk adanya problem pada mobil.

Bau atau aroma yang muncul di dalam kendaraan beroda empat bisa diakibatkan oleh beberapa hal yang diantaranya munculnya bacin tersebut merupakan indikasi ada problem pada mobil.
Berikut panduan singkat untuk mengenali dan menganalisa problem bacin yang timbul pada mobil  :

Bau di dalam kabin mobil
Bau di dalam kabin mobil


Bau Plastik Terbakar

Bau ini bisa muncul kalau ada kabel yang terbakar jawaban short circuit atau korsleting pada kabel atau komponen kendaraan.
Jika tercium bacin ini segera hentikan kendaraan dan lakukan pemeriksaan secara seksama untuk mengetahui sumber bacin tersebut.


Muncul Aroma Wangi

Jika tercium aroma yang cukup wangi, patut dicurigai telah terjadi kebocoran sistem pendingin mobil. Antifreeze yang terdapat di dalam cairan pendingin biasanya menimbulkan aroma wangi tersebut.
Perhatikan indikator temperatur kendaraan beroda empat apakah menawarkan indikasi overheat.

Jika terlihat semburan uap panas keluar dari bawah kap mesin adegan depan segera hentikan kendaraan beroda empat dan matikan mesin.

Perhatian :
Hati-hati ketika membuka kap mesin untuk melaksanakan pemeriksaan jangan hingga uap panas tersebut mengenai tubuh.
Tunggu hingga mesin kendaraan beroda empat hambar sebelum menambahkan cairan pendingin.

Kebocoran cairan pendingin juga bisa terjadi di dalam kabin kendaraan beroda empat yang berasal dari sistem heater yang terletak di bawah dashboard. Tanda kebocoran dapat dilihat dari bekas air di atas karpet pada sisi penumpang.


Muncul Bau "Roti Bakar"

Bau ini muncul mengindikasikan telah terjadi kebocoran oli mesin dan mengenai exhaust manifold atau pipa Knalpot yang panas.
Periksa kebocoran oli dan periksa jumlah oli melalui dipstick untuk memastikan jumlah oli di dalam mesin masih cukup.

Perbaiki kebocoran oli dengan mengganti deal-deal atau gasket yang menjadi penyebab kebocoran oli dan tambahkan oli sesuai dengan spesifikasi.
Bau menyerupai "roti bakar" ini juga bisa disebabkan oleh kebocoran oli transmisi otomatis dan mengenai pipa knalpot yang panas.

Periksa adegan bawah kendaraan beroda empat karena sumber kebocoran ini biasanya berasal dari gasket karter transmisi, seal input shaft atau seal Drive shaft dan juga bisa berasal dari pipa yang menghubungkan transmisi dengan oil cooler di radiator.


Asap Mesin Diesel

Saat berada di belakang truk atau bus yang bermesin diesel dan tercium bacin asap diesel di dalam kabin kendaraan beroda empat yang kemungkinan masuk melalui saluran ventilasi sirkulasi udara luar atau beling jendela tidak tertutup rapat.

Tutup jendela dengan rapat dan kalau sistem AC dilengkapi dengan Recirculation mode, tekan tombol RECIRC untuk menutup saluran ventilasi udara luar.
Jika pada kendaraan beroda empat yang sudah dilengkapi dengan filter kabin dan kemudian tercium udara dari luar di dalam kabin mobil, hal tersebut mengambarkan Charcoal active yang terdapat pada filter kabin sudah melewati masa pakainya.

Kandungan Charcoal active yang bisa untuk menyerap bacin tersebut hanya bisa berfungsi efektif kurang lebih selama satu tahun.
Periksa kondisi filter kabin dan disarankan untuk diganti kalau filter kabin sudah dipakai lebih dari dua tahun.


Carbonmonoksida

Carbon monoksida merupakan salah satu gas berbahaya yang tidak berbau dan tidak berwarna. 
Asap dari gas buang dapat dirasakan dengan indera penciuman namun karbonmonoksida tidak akan tercium.

Kebocoran pada sistem exhaust dapat menjadikan gas karbonmonoksida masuk kedalam kabin mobil, hal ini sangat berbahaya terutama pada cuaca hambar dan seluruh beling kendaraan beroda empat dalam keadaan tertutup.
Gas karbonmonoksida dapat membuat insan lemas bahkan meninggal tanpa disadari sama sekali.


Tercium Bau Apek

Jika pada kabin kendaraan beroda empat tercium bacin apek ketika AC dihidupkan kemungkinan besar terdapat jamur atau kuman yang menempel pada permukaan evaporator. Evaporator terdapat dibawah dashboard dan cukup sukit untuk diakses karena biasanya ditutupi oleh cover plastik dan membuat pemeriksaan dan pembersihan evaporator menjadi cukup sulit.

Salah satu cara untuk menanggulangi bacin apek tersebut bisa dengan menyemprotkan pengharum ruangan melalui ventilasi AC atau melalui adegan terbuka lainnya yang paling erat dengan evaporator dibawah dashboard . Gunakan semprotan pengharum ruangan dengan ujung yang panjang sehingga dapat mengenai eksklusif evaporator. Jamur dan kuman mudah bersarang pada evaporator karena kondisi yang lembab disekitarnya.

Evaporator AC keluaran terbaru mempunyai kandungan kimia anti kuman yang dapat mencegah pertumbuhan jamur dan kuman pada evaporator.


Beberapa kendaraan beroda empat ada yang menggunakan fitur afterblow yaitu sistem yang akan menjaga blower fan tetap berputar beberapa ketika setelah kunci kontak atau sistem AC dimatikan, hal ini akan membantu mengeringkan evaporator. Jika sistem ini tidak bekerja tetesan atau  uap air yang menempel pada evaporator akan membuat jamur atau kuman tumbuh subur.

Jika bacin apak di dalam kendaraan beroda empat tercium setiap saat  baik AC hidup maupun mati kemungkinan penyebabnya yakni karpet yang berair jawaban terkena kebocoran air dari seal karet beling atau pintu yang tidak rapat atau juga berasal dari selang pembuangan air AC yang tersumbat dan jadinya mengenai karpet. Bau yang muncul sama menyerupai kalau kendaraan beroda empat terkena banjir dan sangat sulit untuk dihilangkan. Seluruh karpet kendaraan beroda empat harus dilepas kemudian dicuci bersih dan dikeringkan di panas matahari.


Bau Telur Busuk

Bensin mengandung sedikit sulfur, ketika pertama kendaraan beroda empat dihidupkan dan tercium aroma menyerupai telur busuk atau bacin sulfur. Bau ini ditimbulkan oleh catalytic converter yang berfungsi merubah welirang menjadi hidrogen sulfida. Hal ini merupakan hal yang wajar untuk beberapa mobil, namun mnbau itu bisa lebih menyengat kalau bensin yang digunakan mengandung sukfur lebih tinggi lagi.


Bau Bensin

Jika tercium bacin bensin di dalam kabin kendaraan beroda empat mungkin telah terjadi kebocoran pada tangki materi bakar atau saluran materi bakar. hal ini bisa jadi sistuasi yang sangat berbahaya. hentikan kendaraan dan segera lakukan pemeriksaan pada adegan bawah kendaraan dari kemungkinan terjadinya kebocoran materi bakar. Jika bacin bensin sangat besar lengan berkuasa segera perbaiki kendaraan ke bengkel.


Aroma Mobil Baru

Aroma khas kendaraan beroda empat gres yang tercium ketika masuk ke dalam kendaraan beroda empat belum tentu sesuatu yang baik. Aroma itu berasal dari  volatile organic hydrocarbons (VOCs) yang menguap secara perlahan dari materi plastik dan karpet di dalam mobil. Senyawa ini termasuk materi karsinogen yang dapat memicu timbulnya kanker.

VOC yang menguap dari materi jok dan karpet kendaraan beroda empat akan membentuk menyerupai kabut asap tipis pada beling jendela kendaraan beroda empat sama menyerupai kalau ada orang merokok di dalam mobil. Aroma ini biasanya akan bertahan selama 6 bulan sebelum benar-benar hilang dan selama itu pula anda akan menghirupnya selama berada di dalam mobil. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk sering membuka beling jendela ketika kendaraan beroda empat diparkir (garasi) untuk mempercepat penguapan zat ini.


Menggunakan Pengharum Udara

Saat ini dipasaran banyak terdapat pengharum udara dengan banyak sekali aroma dan banyak sekali bentuk. Pilihlah pengharum udara yang sesuai dengan selera dan tidak mengandung materi kimia yang dapat mengganggu kesehatan atau merusak interior mobil.
.




0 komentar:

Posting Komentar