WHAT'S NEW?
Loading...

Tips menghidupkan kendaraan beroda empat yang akinya soak

Tiga cara menghidupkan kendaraan beroda empat ketika aki soak


Mungkin ini yakni hal yang paling menjengkelkan, ketika sedang terburu – buru akan pergi atau sedang berada di kawasan parkir tiba – tiba kendaraan beroda empat tidak dapat distarter sebab aki kendaraan beroda empat soak, dan hal itu terjadi  tanpa ada gejala yang dapat dirasakan sebelumnya.


Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan aki kendaraan beroda empat dapat menjadi soak tanpa disadari.


Mungkin saja ketika meninggalkan kendaraan beroda empat lupa untuk mematikan sistem kelistrikan kendaraan beroda empat ibarat lampu depan, radio atau pun pintu tidak tertutup rapat sehingga lampu kabin terus menyala.

Jika hal itu berlangsung  dalam waktu yang cukup lama maka dapat menyebabkan aki menjadi soak, dan kendaraan beroda empat tidak akan berpengaruh untuk distarter.

Aki yang soak bisa juga terjadi sebab sistem pengisian kendaraan beroda empat yang tidak berfungsi dengan benar, sehingga ketika kendaraan beroda empat berjalan tenaga listrik yang tersimpan di aki akan habis terpakai.

Saat kendaraan beroda empat sudah hidup seharusnya seluruh kebutuhan listrik harus dapat ditanggung oleh alternator dan aki ketika itu selalu dijaga dalam kondisi penuh oleh alternator, sehingga akan selalu siap ketika diharapkan untuk melaksanakan starter.

Oleh sebab itu hindarilah memasang aksesoris kelistrikan yang berlebihan pada kendaraan beroda empat dan melebihi kemampuan alternator mensuplai tenaga listrik ketika kendaraan beroda empat sudah hidup.

Faktor lain yang dapat menyebabkan aki menjadi soak secara mendadak yakni perawatan yang tidak benar pada aki, ibarat tidak pernah menambah air aki sehingga membuat sel – sel aki menjadi kering.

Kondisi kepala aki yang kotor atau berjamur juga dapat menyebabkan kendaraan beroda empat tidak bisa distarter, oleh sebab itu lakukanlah pemeriksaan aki dengan benar.

Namun jikalau hal itu sudah terjadi, apa yang dapat dilakukan semoga kendaraan beroda empat dapat dihidupkan ?.

Kalau kebetulan posisi kendaraan beroda empat mogok tersebut akrab dengan toko sparepart yang menjual aki mungkin tidak terlalu masalah, tapi jikalau sebaliknya, hal tersebut pasti sangat mengganggu.


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghidupkan kendaraan beroda empat dengan aki yang soak selain dengan mengganti aki.





  1. Di Jumper dengan menggunakan kendaraan donor atau kabel jumper
  2. Dijumper dengan menggunakan santunan alat charging
  3. Dengan didorong menggunakan santunan orang lain ( khusus untuk kendaraan dengan transmisi Manual )



Mari kita bahas satu-persatu


1.Dengan menggunakan kendaraan donor dan kabel jumper.

Tips menghidupkan kendaraan beroda empat yang akinya soak
Jumper Menggunakan Mobil Lain




Mobil yang akinya soak dapat coba dihidupkan dengan santunan kendaraan beroda empat lain atau istilahnya dipancing dengan menggunakan kabel jumper.

Oleh sebab itu sangat disarankan kabel jumper ini selalu  tersedia di dalam mobil, khususnya pada kendaraan beroda empat yang menggunakan tranmisi otomatis.
Karena kendaraan beroda empat yang menggunakan transmisi otomatis tidak dapat dihidupkan dengan cara didorong.


 Mobil yang akan digunakan untuk membantu menghidupkan kendaraan beroda empat yang akinya soak harus mempunyai kapasitas aki yang lebih besar atau minimal sama dengan kendaraan beroda empat yang mogok.




Pertama hidupkan kendaraan beroda empat donor tersebut, kemudian hubungkan kabel jumper yang berwarnah merah ke terminal positif aki, lalu berikutnya hubungkan kabel jumper yang berwarna hitam ke terminal negatif aki.
Hati – hati ketika melaksanakan hal tersebut, jangan hingga kedua kepala jumper bersentuhan sebab hal ini dapat menjadikan korelasi singkat dan aki menjadi rusak, kemudian hubungkan kabel jumper yang berwarna merah ke terminal positif kendaraan beroda empat yang mogok dan kabel jumper yang warna hitam ke terminal negatifnya.
Setelah itu mintalah seseorang untuk menginjak pedal gas kendaraan beroda empat yang menawarkan pertolongan, dan tahan Rpm-nya diatas angka 2000. Putar kunci kontak kendaraan beroda empat yang mogok untuk melaksanakan starting hingga kendaraan beroda empat tersebut dapat hidup, jikalau kendaraan beroda empat sudah hidup injak pedal gas untuk menaikkan rpm hingga 2000. Kemudian lepaskan kabel jumper dari kedua kendaraan beroda empat tersebut. Biarkan kendaraan beroda empat hidup beberapa ketika ( sekitar 10 – 15 menit ) semoga alternator melaksanakan pengisian.
Setelah itu coba matikan kendaraan beroda empat tersebut dan kemudian hidupkan lagi, jikalau kendaraan beroda empat sudah dapat dihidupkan dengan normal berarti aki sudah kembali terisi penuh. Namun jikalau setelah dimatikan, kendaraan beroda empat kembali tidak berpengaruh starter berarti ada kemungkinan aki sudah benar – benar soak dan sudah tidak bisa menyimpan tenaga listrik, segeralah ganti aki tersebut di toko sparepart atau bengkel langganan.



2. Dengan menggunakan santunan alat charging


Tips menghidupkan kendaraan beroda empat yang akinya soak
Jumper dengan menggunakan Battery Charging



Alat ini dapat digunakan jikalau lokasi kendaraan beroda empat mogok terdapat sumber listrik yang dapat digunakan untuk menghidupkan alat charger tersebut.



Menggunakan alat ini cukup mudah, pasang kabel warna merah ke terminal positif aki, pasang kabel warna hitam ke terminal negatif aki, jikalau dialat tersebut ada pilihan angka 12 V atau 24 V maka pilihlah yang sesuai dengan aki mobil.
Dalam hal ini pilihlah angka 12 V.
Kemudian colokkanlah stekker alat charger tersebut ke sumber listrik dan kemudian hidupkanlah kendaraan beroda empat tersebut.



3. Dengan didorong menggunakan santunan orang lain


Jika ternyata kita tidak mempunyai alat – alat tersebut diatas, mungkin langkah terakhir yang dapat kita lakukan yakni menghidupkan kendaraan beroda empat dengan cara didorong, namun hal itu hanya berlaku untuk kendaraan beroda empat – kendaraan beroda empat yang menggunakan transmisi manual.

Tips menghidupkan kendaraan beroda empat yang akinya soak
Menghidupkan Mobil dengan Cara Didorong


 Mobil yang menggunakan transmisi otomatis tidak dapat dihidupkan dengan cara di dorong, kendaraan beroda empat ibarat itu hanya dapat dihidupkan dengan cara mengganti akinya atau di jumper dengan menggunakan santunan kendaraan beroda empat lain atau alat charger.


Langkah pertama yang harus diperhatikan sebelum menghidupkan kendaraan beroda empat yakni perkirakan jaraknya apakah cukup panjang hingga kendaraan beroda empat bisa hidup.
Kemudian Putar kunci kontak pada posisi ON, injak dan tahan pedal kopling, masukkan transmisi pada posisi gigi 2 atau 3.
Mintalah santunan orang lain untuk mendorong kendaraan beroda empat dengan kecepatan yang cukup. Saat kendaraan beroda empat sudah mulai bergerak dan meluncur dengan kecepatan yang cukup lepaskan pedal kopling sambil imbangi dengan menginjak pedal gas.


Hati – hati ketika kendaraan beroda empat sudah hidup jaga jangan hingga mati lagi, tahan pedal gas pada rpm 2000 untuk membantu proses pengisian baterai oleh alternator.

0 komentar:

Posting Komentar