WHAT'S NEW?
Loading...

Memeriksa Mesin Tidak Kuat Starting

Penyebab Mesin Mobil Susah Starting

Keluhan wacana kendaraan beroda empat yang sulit dihidupkan dapat dibedakan pada dua gejala yaitu :

  • Mesin tidak besar lengan berkuasa starter 
  • Mesin bisa distarter tapi tidak mau hidup.

Langkah pemeriksaan dan perbaikan yang dilakukan harus berdasarkan kepada dua gejala tersebut biar proses perbaikan dapat berlangsung dengan efektif.

Agar mesin dapat distarter dan hidup dengan mudah dibutuhkan kecepatan putar starting yang cukup dan tiga syarat biar mesin dapat hidup dalam kondisi baik.

 Mesin Tidak Kuat Starting
 Mesin Tidak Kuat Starting

Langkah pemeriksaan mesin tidak dapat hidup

Periksa kecepatan putaran mesin ketika distarter

Seperti disebutkan diatas, supaya mesin dapat hidup maka dibutuhkan putaran mesin yang cukup pada ketika starting, periksa apakah mesin dapat berputar kencang, mesin berputar namun lemah atau malah tidak dapat berputar sama sekali.

Jika kecepatan putar mesin starter dianggap bagus, maka langkah selanjutnya ialah dengan melaksanakan pemeriksaan 3 syarat biar mesin dapat hidup yaitu : sistem pengapian, sistem bakan bakar dan terakhir kondisi tekanan kompresi mesin.

Namun jikalau hasil pemeriksaan memperlihatkan putaran mesin yang pelan ketika starting, maka fokuskan dulu melaksanakan pemeriksaan sistem starting, alasannya ialah sebagus apapun kondis mesin kendaraan beroda empat namun jikalau putaran starternya lemah maka kendaraan beroda empat tidak akan dapat hidup.

Pemeriksaan kecepatan putaran starting mesin

Pemeriksaan kecepatan putaran mesin biasanya dilakukan berdasarkan pengalaman atau feeling saja, namun jikalau merasa ragu dapat dengan membandingkan kecepatan starting dengan kendaraan beroda empat lain yang sejenis. Kecepatan putaran starting minimal mesin biar dapat hidup biasanya berkisar antara 60 hingga 120 Rpm untuk mesin bensin dan 80 hingga 120 Rpm untuk mesin diesel.


Periksa kondisi Aki  mobil

Jika aki dalam kondisi soak atau rusak maka akan menghipnotis kecepatan putaran starting mesin, oleh alasannya ialah itu pastikan kondisi aki dalam kondisi baik, gantilah jikalau perlu.

Namun harus diperhatikan kadang kala aki soak tersebut bisa diakibatkan alasannya ialah terlalu banyak starting ketika mesin tidak dapat hidup, jangan terjebak dalam bulat setan ketika melaksanakan trouble shooting ini

Mesin tidak dapat start Karena starting terlalu lama aki jadi soak Kecepatan putaran starting lemah

Jika kondisi aki sudah dipastikan mengagumkan namun kecepatan putaran starting mesin masih lemah juga lanjutkan pemeriksaan sistem starting dan tahanan putar mesin.

Periksa tahanan putar mesin

Jika mesin tidak dapat berputar dengan baik ketika starting walupun kondisi aki dalam kondisi mengagumkan ada dua kemungkinan yang menjadi penyebab yaitu kerusakan pada system starting dan tahanan putar mesin yang terlalu besar. lakukan pemeriksaan ibarat berikut :

Lepaskan seluruh busi pada mesin bensin atau lepaskan glowplug pada mesin diesel, Pasang kunci ring dengan ukuran yang sesuai baut puley mesin dan putar mesin searah jarum jam untuk mencicipi tahanan putaran mesin.. 


Apakah terasa berat ...?? atau malah tidak dapat berputar sama sekali ...??

Karena tidak ada nilai standar untuk tahanan putaran mesin, bandingkan hasil pengukuran dengan mesin yang normal.

Jika putaran mesin terasa berat atau tidak dapat berputar sama sekali, coba lepaskan semua fan belt yang terpasang dan ulangi pemeriksaan.

Jika setelah fan belt dilepaskan putaran mesin menjadi ringan berarti ada komponen - komponen yang terhubung dengan fan belt macet.  Jika putaran mesin tetap berat setelah fan belt dilepas artinya ada kerusakan mekanikal di dalam mesin.

Tujuan pemeriksaan tahanan putaran mesin ini untuk menentukan penyebab bahwasanya kenapa putaran starting mesin lemah, apakah alasannya ialah sistem starting yang bermasalah atau mesinnya sendiri yang rusak.

Jika tahan putaran mesin berat alasannya ialah kerusakan komponen mekanikal di dalam mesin maka motor starter tidak akan bisa memutar mesin hingga hidup walaupun kondisi aki bagus, lanjutkan pemeriksaan penyebab kenapa putaran mesin tersebut berat.

Jika tahanan putaran mesin terasa normal maka penyebab lemahnya putaran starting mesin tersebut dapat disimpilkan akhir kerusakan sistem starting.

Periksa Kode kerusakan yang mungkin tersimpan didalam ECU

Pada kendaraan beroda empat - kendaraan beroda empat modern yang sudah menggunakan electronic control unit, duduk perkara yang timbul kadang lebih kompleks lagi.

Oleh alasannya ialah itu jikalau menangani kendaraan beroda empat ibarat ini ada baiknya untuk memeriksa kode kerusakan atau DTC yang tersimpan di dalam memori ECU biar proses pemeriksaan dapat berlangsung lebih terarah dan efektif.


0 komentar:

Posting Komentar