Bunyi Dengung Bikin Bingung
Pada dikala kendaraan beroda empat berjalan pada kecepatan menengah dan tinggi terdengar bunyi mendengung dari adegan bawah mobil.
Bunyi ini dihasilkan oleh benturan yang terjadi antara roda gigi gardan. Bunyi yang dihasilkan cukup tinggi dan sangat seolah-olah dengan bunyi dengaung yang diakibatkan roda gigi transmisi.
Karakteristik bunyi dengung yang diakibatkan oleh roda gigi gardan yaitu biasanya terasa dikala kendaraan beroda empat berjalan pada kecepatan antara 40 hingga 50 Km/Jam pada semua tingkat percepatan transmisi.
Bunyi yang dihasilkan juga tidak terlalu memekakkan indera pendengaran namun cukup mengganggu kenyamanan dikala berkendara.
Penyebab utama bunyi dengaung pada gardan
- Getaran sebab benturan roda gigi gardan
- Kurangnya rigiditas carrier diferensial
- Getaran poros propeller
- Kurangnya rigiditas kotak poros transmisi
- Getaran dialirkan melalui mounting mesin
PETUNJUK:
- Bunyi dengung pada gardan dapat dihilangkan dengan melaksanakan penyetelan bearing gardan.
- Kadang persoalan ini juga dapat diperbaiki dengan meluruskan adegan suspensi atau rumah gardan pada kendaraan berpenggerak belakan dengan suspensi belakang type independent.
- Jika hal tersebut tidak dapat menghilangkan bunyi dengung mungkin perlu dilakukan penggantian ring gear dan roda gigi pinion.
- Pada kendaraan berpenggerak roda depan dengan transmisi otomatis, bunyi yang dihasilkan oleh counter gear dari transaxle akan bersuara nyaring.
Proses terjadinya bunyi dengung
1. Mobil pelopor roda belakang
- Jika terjadi backlash yang terlalu besar antara ring gear dan pinion gear pada dikala keduanya berputar maka akan mengakibatkan benturan diantara keduanya dan menghasilkan getaran yang mengakibatkan bunyi dengung.
- Getaran yang dihasilkan pada gardan akan bertambah berpengaruh dikala getaran tersebut beresonansi atau diteruskan oleh propeller shaft dan suspensi belakang.
- Kemudian getaran yang sudah bertambah berpengaruh ni akan diteruskan ke body kendaraan beroda empat dan menghasilkan bunyi dengaung yang cukup keras.
2. Mobil berpengerak roda depan
- Pada kendaraan beroda empat pelopor depan yang menggunakan transaxle getaran yang dihasilkan pada roda gigi diferential akan diteruskan oleh transaxle case ke body kendaraan beroda empat lewat munting-mounting mesin.
- Getaran roda gigi differential juga dapat diteruskan ke body kendaraan beroda empat melalui sambungan pemindah gigi transmisi, speedo meter untuk kendaraan beroda empat yang masih menggunakan kawat baja. Bunyi yang dihasilkan oleh transaxle ini dapat terdengar samapi ke dalam mobil.
0 komentar:
Posting Komentar