WHAT'S NEW?
Loading...

Tips belakang layar menghemat BBM mobil

Hemat BBM, Hemat Energi, Hemat Biaya


Harga materi bakar minyak setiap tahun terus meningkat, hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar mengingat  bahan bakar minyak merupakan sumber energi yang tidak terbarukan dan cadangannya semakin menipis, sementara konsumsinya semakin meningkat.

Bagi orang yang setiap hari beraktifitas menggunakan kendaraan beroda empat pribadi mahalnya harga BBM tentu saja menjadi perhatian, dan pasti setiap orang ingin menekan biaya pembelian materi bakar tersebut seminim mungkin.

Untuk melaksanakan penghematan BBM kendaraan beroda empat ada banyak cara yang dapat dilakukan, namun pada dasarnya hanya mencakup dua hal yaitu : melaksanakan perawatan kendaraan beroda empat secara terpola dan gaya mengemudi yang hemat BBM.


Tips diam-diam menghemat BBM mobil
Pompa Bensin SPBU

Berikut beberapa tips yang  dapat diterapkan untuk menghemat konsumsi BBM


Langkah pertama yaitu mengetahui konsumsi rata-rata BBM mobil 


Banyak pengemudi kendaraan beroda empat jarang sekali mengetahui konsumsi rata- rata kendaraan beroda empat mereka secara real, dan tidak sedikit yang tidak tahu bagaimana menghitung konsumsi BBM rata-rata kendaraan beroda empat mereka.

Mobil – kendaraan beroda empat modern ketika ini rata -rata sudah dilengkapi dengan informasi konsumsi materi bakar yang ditampilkan pada layar instrument cluster di dashboard. Namun berdasarkan pengalaman hasil penghitungan yang ditampilkan tersebut tidak terlalu akurat, dapat melenceng sekitar 5 -10 % dari kondisi sebenarnya.


Makara bagaimana melaksanakan pengukuran konsumsi materi bakar secara sederhana dan lebih akurat ..??


Pertama isi tangki kendaraan beroda empat anda hingga PENUH, yang dimaksud pengisian hingga penuh disini yaitu ketika melaksanakan pengisian BBM di SPBU biarkan hingga alat pengisian pompa bensin mati sendiri akhir BBM di tangki sudah penuh.

Kemudian seting trip meter kendaraan beroda empat anda ke posisi Nol.

Perhitungan konsumsi BBM kendaraan beroda empat yang lebih real dapat dilakukan, dengan kondisi tangki penuh dan trip meter menunjukkan angka Nol.

Catat total kilo meter tempuh yang tertera di trip meter ketika akan melaksanakan pengisian BBM kembali.

Saat melaksanakan pengisian kembali lakukan juga hingga tangki kondisi penuh.  Catat jumlah bensin yang dimasukkan dan kilometer yang tercatat di Trip meter.

Jumlah konsumsi rata-rata materi bakar dapat diperoleh dengan membagi total Km dengan jumlah materi bakar yang dimasukkan ketika pengisian kedua.

Contoh :

Bensin yang masuk : 20 Liter
KM tempuh : 200 Km
Konsumsi BBM kendaraan beroda empat  = 200 Km : 20 Liter = 10 Km/Liter

Artinya konsumsi BBM kendaraan beroda empat = 1 liter bensin  dapat digunakan untuk  menempuh jarak  sejauh 10 Km (1:10).

Kemudian seting kembali trip meter ke posisi Nol.

Lakukan proses ini 4 hingga 5 kali untuk menerima konsumsi BBM rata-rata yang lebih akurat.

Setelah mengetahui konsumsi BBM rata – rata kendaraan beroda empat gres kita dapat membandingkan konsumsi BBM kendaraan beroda empat kita dengan konsumsi BBM kendaraan beroda empat lain yang sejenis atau bandingkan dengan rasio BBM sesuai klaim dari pabrikan.

Apakah konsumsi BBM anda lebih boros ..?

Jika jawabannya yaitu Ya, berarti anda harus membaca artikel ini hingga habis dan menerapkannya.


Cara mengemudi yang hemat BBM


Ngebut = Boros 

Biasakanlah mengemudi dengan kecepatan yang wajar. Saat anda menginjak pedal gas semakin dalam bensin yang dikonsumsi mesin akan semakin banyak.

Mobil yang berjalan dengan kecepatan tinggi diatas 100 km/jam akan mendapat tahanan angin yang sangat besar sehingga tenaga mesin yang lebih besar harus dikeluarkan untuk melawan tahanan angin tersebut jadinya konsumsi BBM akan meningkat

Kemudikanlah kendaraan beroda empat anda dengan kecepatan yang wajar.

Mobil yang dipacu dengan kecepatan diatas 100 km/jam akan mengkonsumsi BBM lebih besar 10 - 15 %  jika dibandingkan dengan kendaraan beroda empat yang kecepatannya dipertahankan antara 60-80km/jam.

Lalu bagaimana dengan yang suka ngebut ?

Ya. Kita harus realistis dengan tujuan kita.

Jika anda pecinta kecepatan tinggi maka lupakan  keinginan untuk menghemat BBM.

Ingat...Ngebut  = Boros


Lakukan STOP and Go dengan halus.

Hindarilah melaksanakan penginjakan pedal gas dan pedal rem secara mendadak.
Saat berkendara kita harus berilmu membaca situasi jalan raya biar dapat menjaga momentum jalannya mobil.

Contohnya ketika berjalan merayap ditengah kemacetan jagalah jarak dengan kendaraan beroda empat di depan sehinga kita mampu mengatur kecepatan kendaraan beroda empat biar tidak hingga berhenti alasannya yaitu di rem. Tenaga yang dikeluarkan mesin kendaraan beroda empat akan lebih besar untuk mulai berjalan dari posisi berhenti total, sehingga konsumsi BBM pastinya akan lebih boros.

Satu lagi rujukan ketika akan menjelang traffic light, perhitungkanlah kondisi lalu lintas di depan, jikalau memungkinkan aturlah kecepatan kendaraan beroda empat biar ketika menjelang traffic light lampu sudah berwarna hijau dan kendaraan di depan sudah mulai bergerak.

Jika anda dapat melaksanakan ini, berarti anda seorang pengemudi yang sangat ahli...

Namun jikalau anda terpaksa harus berhenti di lampu merah lakukanlah pengereman dengan halus dan lepaskan kaki anda dari pedal gas, hal ini sering tidak disadari ketika kaki menempel di pedal gas katup throtle akan terbuka dan bensin yang masuk ke dalam mesin akan lebih banyak.


Melakukan metode " block gear changing"

Mobil dengan transmisi manual cenderung lebih irit materi bakar dibandingkan dengan kendaraan beroda empat tipe yang sama menggunakan transmisi otomatis.

Sesuaikakanlah gigi transmisi yang dipilih dengan kecepatan mobil

Biasanya ketika menggunakan transmisi manual perpindahan gigi dilakukan secara berurutan dari 1..2...3..dst sesuai dengan kecepatan mobil.
Ada satu metode yang diklaim dapat membuat konsumsi materi bakar lebih irit dengan menggunakan metode "blok gear changing" yaitu melaksanakan pemindahan gigi secara tidak berurutan menyerupai dari gigi 1...3... 5 dst.

Jika anda cekatan anda dapat berpindah dari gigi 1 pribadi ke gigi 3 dan dari gigi 3 pribadi ke gigi 5 ( hal ini memerlukan latihan berulang ulang biar anda mahir ).

Kuncinya yaitu untuk memastikan bahwa mesin tidak berputar terlalu tinggi pada gigi rendah dan tidak berputar terlalu lambat pada gigi tinggi.

Putaran mesin yang terlalu tinggi pada gigi rendah akan membuat materi bakar terbakar secara sia-sia. Putaran mesin yang rendah pada gigi tinggi akan membuat mesin bekerja terlalu berat.


Gunakan gigi tertinggi ketika berjalan menurun

Banyak orang beranggapan biar kendaraan beroda empat lebih irit , ketika jalan menurun memasukkan persneling pada posisi netral, padahal kendaraan beroda empat akan lebih irit jikalau diposisikan pada posisi gigi tertinggi ketika diturunan.
Banyak kendaraan beroda empat yang sekarang dilengkapi teknologi yang akan memutuskan suplai materi bakar ketika kendaraan beroda empat berjalan diturunan dengan posisi masuk gigi tertinggi. Jika kendaraan beroda empat menyerupai ini diposisikan di gigi netral maka materi bakar akan tetap  mengalir ke mesin.

Manfaatkan engine braking (memindahkan gigi ke yang lebih rendah) untuk mengurangi kecepatan mobil, selain hal ini juga membuat kendaraan beroda empat lebih irit, juga dapat meringankan kerja rem.


 Teliti ketika melaksanakan pengisian BBM di SPBU

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan melaksanakan pengisian BBM biar menerima BBM yang berkualitas dan sesuai takaran.


Pilihlah SPBU yang jujur.

Kita sering mendengar gosip adanya pengusaha SPBU yang berlaku tidak jujur dengan mengurangi takaran dari seharusnya, sebagai konsumen kita harus jeli dalam memilih SPBU biar jangan hingga dirugikan.

Salah satu trik yang dapat dilakukan dalam memilih SPBU yaitu dengan membeli di SPBU yang terlihat ramai, terutama jikalau SPBU tersebut sering digunakan oleh para pengemudi angkot atau taksi.

Pengemudi angkot atau taksi pastilah sangat memperhaikan konsumsi BBM kendaraan beroda empat mereka dan mereka pastinya dapat mengetahui perbedaan konsumsi BBM yang terjadi jikalau takarannya dikurangi.

Lebih baik melaksanakan pembelian BBM di pagi hari  

Hal ini akan sangat menghipnotis jumlah materi bakar yang anda peroleh per rupiahnya. Dapatkan keuntungan dengan mengisi BBM di pagi hari ketika suhu udara masih dingin. Temperatur materi bakar menyerupai bensin, solar dan ethanol akan sangat menghipnotis uang yang anda keluarkan per liternya.

SPBU tidak menggunakan alat yang akan mengkompensasi perubahan temperatur BBM . Tempat penyimpanan BBM SPBU berada di tangki bawah tanah, maka semakin masbodoh suhu BBM maka tingkat kepadatan BBM juga semakin tinggi (Density).

Saat BBM dalam kondisi panas maka akan mulai memuai. Makara ketika anda membeli BBM sebanyak 1 liter di siang hari maka akan menerima kurang dari 1 liter.

Pompa SPBU tidak mengukur volume kasatmata atau kepadatan BBM tapi melaksanakan pengukuran flow rate BBM yang kemudian diterjemahkan kedalam ukuran  Volume (liter)
Tingkat anutan (flow rate) tidak terpengaruh oleh perubahan suhu menyerupai hal-nya density ( kepadatan ) BBM.

Makara jikalau pompa SPBU di seting untuk mengeluarkan BBM 1 Liter dalam 10 detik berdasarkan tingkat anutan BBM . Pada ketika pagi suhu masbodoh sekitar 15 derajat celcius BBM akan lebih padat dan anda akan memperoleh 2. 5% BBM lebih banyak jikalau dibandingkan anda mengisi BBM pada siang hari dengan suhu 35 derajat celcius.

Gunakan BBM dengan oktan yang sesuai proposal pabrikan.

Bensin yang tersedia di Indonesia terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan oleh nilai oktan-nya.
Gunakanlah bensin dengan angka oktan yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Banyak orang menggunakan materi bakar oktan tinggi walaupun bergotong-royong mobilnya tidak mengharuskan hal tersebut.
Jika pada buku manual mengatakan untuk menggunakan oktan rendah, gunakanlah bensin dengan oktan rendah.

Menggunakan materi bakar oktan tinggi pada kendaraan beroda empat tersebut hanya menghamburkan uang.

Kenapa ..?

Bensin dengan angka oktan yang tinggi dibutuhkan oleh mesin-mesin kompresi tinggi yang temperatur mesinnya jauh lebih panas, sehingga membutuhkan bensin oktan tinggi untutk mencegah terjadinya knocking dan mesin dapat mencapai tenaga maksimal.

Makara jikalau kendaraan beroda empat anda menggunakan mesin kompresi rendah cukup gunakan bensin oktan rendah.


Mobil Berat = Boros 

Beban kendaraan akan sangat menghipnotis konsumsi materi bakar kendaraan beroda empat oleh alasannya yaitu itu keluarkan semua barang- barang yang tidak diharapkan dari dalam mobil.

Sebagai rujukan kalau anda mempunyai kendaraan beroda empat  untuk 7 penumpang , namun kendaraan beroda empat lebih sering anda naiki seorang diri ataupun kalau ada penumpang sesekali bukankah hanya pada bangku baris kedua saja..?

Makara ada boleh mempertimbangkan untuk melepas bangku baris ketiga dan menyimpannya di gudang dan dapat dipasang sewaktu-waktu kalau memang dibutuhkan.


Menggunakan Velg Alumunium 

Menggunakan velg alumunium yang lebih ringan dari pada velg baja dapat mengurangi berat kendaraan beroda empat secara keseluruhan sehingga tenaga mesin yang dikeluarkan untuk memutar roda akan lebih kecil sehingga kendaraan beroda empat akan terasa lebih bertenaga dan BBM akan lebih irit.

Namun anda harus hati-hati, ketika kendaraan beroda empat terasa lebih bertenaga biasanya anda akan terpancing untuk ngebut dan tentu saja hal ini akan membuat kendaraan beroda empat malah jadi boros.


Lepaskan roof rack yang terpasang di atap mobil

Berkendara dengan roof rack yang terpasang diatas kendaraan beroda empat akan menjadikan beberapa kerugian yaitu bobot kendaraan beroda empat jadi bertambah, tahanan angin semakin besar dan kendaraan beroda empat menjadi tidak stabil ketika berjalan dengan kecepatan agak tinggi.

Roof rack memang akan sangat membantu jikalau bepergian dan membawa barang yang banyak, contohnya ketika berlibur.
Namun untuk acara harian kendaraan beroda empat yang menggunakan roof rack akan mempunyai hambatan yang lebih besar dan akan membuat materi bakar lebih boros.

Ada juga yang menggunakan roof rack dengan desain aerodinamis dan beranggapan tidak akan menghipnotis aerodiamika mobil, namun sayang sekali hal tersebut tidak benar alasannya yaitu walaupun bentuknya sudah aerodinamis namun tetap saja menyampaikan hambatan pada laju kendaraan, oleh alasannya yaitu itu lebih baik lepaskan saja semua jenis roof rack yang terpasang jikalau memang sedang tidak digunakan.

Makara lepaskan roof rack anda jikalau tidak digunakan.


Bukankah anda ingin menghemat materi bakar anda..?


Gunakan telapak ban jenis "Low Resistance".

Pernahkah anda melihat kendaraan beroda empat atau motor ketika di jalan raya menggunakan ban untuk Off road..?

Kira-kira bagaimana konsumsi BBM kendaraan beroda empat atau motor tersebut…?

Saat merancang ban, pabrikan ban mempertimbangkan desain tapak ban untuk menerima tahanan gesek yang rendah.. Ban dengan rolling resistance yang rendah membuat beban mesin lebih ringan untuk menggelinding di jalan.

 Beban ringan = Tenaga mesin sedikit = BBM irit

 Menggunakan tapak ban yang salah dapat membuat BBM kendaraan beroda empat jadi boros.




Perawatan kendaraan beroda empat secara terpola menjaga kondisi kendaraan beroda empat selalu efisien.

Mobil yang dirawat dengan teratur akan menjaga kondisi mesin selalu sehat, sehingga proses pembakaran yang terjadi di dalam mesin dapat berlangsung dengan tepat dan efisien. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika melaksanakan perawatan terpola yaitu :

Periksa tekanan angin ban secara teratur

Walaupun terdengar sederhana namun tekanan angin ban yang rendah merupakan salah satu faktor utama penyebab BBM boros. Ban dengan kondisi kurang angin akan menjadikan tahanan yang besar dengan permukaan jalan, kendaraan beroda empat jadi lebih berat dan BBM jadi boros.

Periksalah tekanan  ban secara rutin setidaknya dua ahad sekali dan sesuaikan tekanan dengan standard yang ditetapkan oleh pabrikan. Standard tekanan angin ban biasanya ditempel pada pilar pintu depan sebelah kanan.

Ganti filter udara yang kotor

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara dari partikel debu dan kotoran sehingga tidak masuk ke dalam mesin. Karena tugasnya menyaring kotoran maka filter udara dapat tersumbat .

Jika filter udara tersumbat alasannya yaitu kotor maka mesin akan bekerja lebih berat untuk menghisap udara masuk kedalam ruang bakar. Untuk mengatasi menurunnya anutan udara maka sistem kontrol mesin akan memperkaya campuran materi bakar biar mesin tetap dapat berputar dengan halus. Periksa dan ganti filter udara secara terpola biar mesin anda lebih irit materi bakar.


Ganti oli mesin dan filter oli

Dengan mengganti oli memang tidak akan terlihat dampak secara pribadi terhadap konsumsi materi bakar, namun penggantian oli yang rutin akan menjamin semua komponen mesin dalam keadaan baik.

Ganti Busi

Fungsi utama busi yaitu untuk aben campuran materi bakar dan udara. Busi bekerja di ruang bakar yang sangat panas dan penuh jelaga, sehingga harus sering diperiksa dan diganti secara berkala. Busi yang bagus dan tidak tertutup kotoran karbon akan aben materi bakar dengan optimal.


Membersihkan Injektor dengan mesin pembersih injector ultrasonic

Injektor merupakan komponen yang berfungsi untuk menyemprotkan materi bakar ke mesin.
Terkadang injektor akan mengalami  gangguan berupa tersumbat kotoran di dalam injektor.
Untuk membersihkan kotoran tersebut dapat menggunakan mesin pembersih injektor ultrasonic.

Pada dasarnya alat ini berupa  tabung kecil berisi cairan pembersih yang kemudian dialirkan kedalam injektor dengan getaran dan frekunsi yang tinggi (ultra high frecuency).
Karena getaran dengan frekuensi tinggi ini akan membuat lapisan karbon yang terdapat di dalam injektor akan terlepas .

Injektor yang dalam keadaan bersih akan menjamin campuran materi bakar dan udara yang masuk kedalam mesin dapat optimal sehingga proses pembakaran lebih efisien dan mesin menjadi irit.

Perhatikan indikator Lampu cek engine

Lampu cek engine bersahabat kaitannya dengan emisi gas buang kendaraan. Saat lampu tersebut menyala berarti sistem memonitor ada yang tidak benar dengan proses pembakaran di dalam mesin yang dapat membuat mesin jadi boros dan emisi gas buang meningkat.

Segera periksa kendaraan beroda empat anda ke bengkel untuk mengetahui penyebab kenapa lampu engine tersebut menyala.

Melakukan modifikasi yang dapat menghemat BBM

Setelah mengubah gaya mengemudi yang lebih hemat BBM dan melaksanakan perawatan kendaraan beroda empat dengan benar namun anda masih ingin melaksanakan penghematan BBM dengan melaksanakan beberapa perubahan kendaraan beroda empat anda.

Merubah kipas radiator menggunakan motor fan 

Jika kendaraan beroda empat anda masih menggunakan kipas radiator mekanikal yang digerakkan oleh fan belt maka anda dapat merubahnya dengan menggunakan motor fan.

Kipas radiator mekanikal diputar menggunakan oleh tenaga mesin secara terus menerus, sehingga beban mesin menjadi lebih berat dan konsumsi BBMnya lebih boros.

Motor fan menggunakan motor listrik untuk memutar kipasnya dan hanya akan memutar pada saat-saat tertentu saja menyerupai ketika mesin sudah panas atau ketika AC dihidupkan sehingga tenaga mesin akan lebih efisien.


Menggunakan Electronic Power Steering (EPS)


Mobil- kendaraan beroda empat modern ketika ini sudah banyak menggunakan Electronic Power steering atau EPS, yang dimana keuntungannya sudah sangat terang yaitu mengurangi beban mesin untuk memutar pompa power steering menyerupai pada sistem hydraulic power steering.

Jika kendaraan beroda empat anda masih menggunakan power steering hidroslis maka anda dapat mempertimbangkan merubahnya menggunakan EPS.

Merubah interior kendaraan beroda empat menjadi warna cerah

Mobil dengan interior yang gelap akan menyerap panas lebih besar khususnya pada siang hari. Jika temperatur kabin kendaraan beroda empat panas maka kompresor AC akan bekerja lebih lama untuk mendinginkan ruangan. Saat kompresor AC bekerja maka beban mesin semakin berat jadinya BBM akan boros. Semakin lama kompresor AC bekerja semakin banyak BBM yang terpakai.

Menggunakan interior kendaraan beroda empat yanglebih terang akan membuat ruang kabin lebih cepat masbodoh dan kompresor AC tidak bekerja terlalu berat.


Melakukan Programming ECU

Ini mungkin tips yang jarang sekali digunakan alasannya yaitu beberapa faktor diantaranya : biayanya mahal dan pemahaman bahwa remapping ECU hanya mampu dilakukan untuk meningkatkan tenaga mesin.

Banyak  sekarang bengkel – bengkel yang menyampaikan remapping ECU untuk merubah setingan materi bakar biar lebih irit, namun biasanya merubah setingan ini akan menghipnotis tenaga maksimal mesin dan membuat emisi gas buang menjadi tidak ramah lingkungan, untuk negara-negara yang menerapkan standard emisi yang ketat biasanya mobil-mobil yang sudah melaksanakan remapping ECU ini tidak lolos uji emisi.

Menggunakan produk penghemat BBM after market..Apakah bermanfaat...?


Saat ini dipasaran banyak beredar banyak sekali macam jenis produk penghemat BBM dengan banyak sekali berbentuk menyerupai ada yang berupa pil,fuel line magnetizer, serbuk, cairan dan air flow disruptor.

Dari hasil review banyak sekali pihak produk - produk  tersebut tidak bekerja menyerupai yang diiklankan.

Anda harus berhati-hati kalau suatu produk ditawarkan terlalau boombastis biasanya dampak yang dihasilkan tidak terlalu menggembirakan

Secara nalar kalau produk itu data menghemat konsumsi BBM hingga 50 % masa sih ga booming dipasaran… pastikan semua orang yang mempunyai kendaraan beroda empat akan membeli produk tersebut.

...Kenyataannya…?


Just Do It

Jika anda benar-benar dapat melaksanakan tips-tips diatas secara konsisten anda akan dapat menghemat konsumsi BBM anda hingga 15%.

Apakah tidak tersa besar ?

Mari kita hitung.

Sebagai rujukan Biaya pembelian bensin anda sehari 50.000

Kalau sebulan sekitar  1.500.000

Kalau satu tahun 1.500.00 X 12 = 18.000.000

18.000.000 – 15% = 2.700.000.

Cukup besar bukan.. bagi saya nilai tersebut sangat besar…
Coba hitung jikalau biaya bbm anda sehari mencapai 100.000. berapa besar biaya yang dapat anda hemat…?


0 komentar:

Posting Komentar